Penyakit Yang Mempengaruhi Produksi Sperma Pria

By | July 6, 2015

Penjelasan Sperma

Image5SpermaKosong.Com – Proses terbentuknya Sperma melalui alur yang sangat kompleks dan melibatkan kerjasama banyak siste dan menuntut fungsi tubuh normal, mulai dari Testis, Hipotalamus dan Kelenjar Hipofisis (sebuah organ di Otak yang menghasilkan hormon yang memicu produksi Sperma). Adanya sebuah gangguan pada salah satu sistem tersebut akan mempengaruhi kualitas dan jumlah Sperma yang dihasilkan. Sperma sendiri diproduksi oleh Testis dan akan keluar melalui lubang di ujung kepala Penis. Dalam proses tersebut, Sperma akan bercampur dengan air mani sampai ejakulasi terjadi. Sperma yang keluar akan berenang di rahim wannita menuju saluran Telur (Tuba Fallopi). Dari jutaan Sperma yang dikeluarkan dan dihasilkan hanya akan ada satu Sperma yang akan berhasil mencapai garis Finish dan menembus dinding sel telur yang menyebabkan terjadinya pembuahan dan nantinya akan menjadi sebuah benih yang akan menjadi janin.

Namun ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan seseorang tidak bisa memproduksi Spermanya dengan baik, bahkan bisa menyebabkan seseorang mengalami kemandulan. Bukan hanya itu, beberapa dari penyakit ini malah bisa membahayakan kepada tubuh penderitanya. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita lihat Penyakit-Penyakit Yang Mengganggu Produksi Sperma di bawah ini

Penyakit Yang Mengganggu Produksi Sperma Pria

Beberapa penyakit yang mengganggu produksi Sperma pria diantaranya adalah :

1.Varikokel
Varikokel adalah pembengkakkan Pembuluh Darah yang mengalir ke Testis.

2.Infeksi
Beberapa Infeksi dapat mengganggu produksi Sperma dan kesehatan Speerma, atau dapat menyebabkan jaringan parut yang menghalangi lewatnya Sperma. Contohnya adalah Infeksi menular seksual, seperti Klamidia dan Gonore, Radang Prostat (Prostatitis), Testis meradang karena Gondongan (Mumps Orchitis), dan Infeksi lain dari saluran kemih atau  organ reproduksi.

3.Retrogade Ejaculation
ini terjadi keetika air mani seseorang memasuki kandung kemih selama Orgasme, bukan muncul dari ujung Penis. Berbagai kondisi kesehatan dapat menyebabkan Retrodrade Ejaculation, seperti Diabetes, cedera Tulang belakang, operasi kandung kemih, Prostat atau Uretra.

4.Antibodi Yang Menerang Sperma
Antibodi Anti-Sperma adalah sel-sel sistem kekebalan tubuh yang keliru mengidentifikasi Sperma sebagai penyerbu berbahaya dan berusaha untuk menghancurkannya. Hal ini terutama sering terjadi pada pria yang pernah menjalani Vasektomi.

5.Tumor
Kanker atau Tumor Nonmalignant dapat mempengaruhi organ-organ reproduksi laki-laki secara langsung, atau dapat mempengaruhi Kelenjar yang melepaskan Hormon yang berkaitan dengan reproduksi (seperti Kelenjar Hipofisis).

6.Testis Tidak Turun
Selama perkembangan janin, satu atau kedua Testis kadang-kadang gagal untuk turun dari perut ke dalam kantung yang biasanya berisi Testis (Skrotum).

7.Ketidakseimbangan Hormon
Hipotalamus, Hipofisis dan Testis memproduksi Hormon yang diperlukan untuk membuat Sperma. Perubahan Hormon ini, serta dari sistem lain seperti Tiroid dan Adrenal, dapat mengganggu produksi Sperma.

8.Cacat Saluran Sperma
Tabung yang membawa Sperma bisa rusak oleh penyakit atau cedera. Beberapa pria terlahir dengan sumbatan di bagian Testis yang menyimpan Sperma (Epididimis) atau penyumbatan dari salah satu tabung yang membawa Sperma dari Testis (Vas Deferns). Pria dengan Fibrosis Kistik dan beberapa kondisi yang diwariskan lainnya dapat lahir tanpa saluran Sperma sama sekali.

9.Cacat Kromosom
Gangguan menurun seperti Sindrom Klinefelter, dimana laki-laki dengan dua Kromosom X dan satu Kromosom Y dan bukan seperti Kromosom pria normal pada umumnya yaitu adalah satu Kromosom X dan satu Kromosom Y, yang dapat menyebabkan perkembangan Abnormal dari Organ reproduksi laki-laki.

10.Penyakit Celiac
Gangguan pencernaan yang disebabkan oleh kepekaan terhadap Gluten, penyakit Celiac, dapat menyebabkan Infertilitas pria. Kesuburan mungkin membaik setelah mengadopsi diet bebas Gluten.

Perhatikan kesehatan Sperma Anda, jangan sampai terkena oleh penyakit yang bisa mengganggu keproduksian Sperma Anda. Mandul bagi pria adalah dimana dirinya tidak bisa memberikan seorang keturunan kepada pasangannya atau istrinya, meskipun sering berhubungan seksual setiap malamnya atau biasa disebut dengan Berhubungan Seksual Aktif. Adapun Pengertian Kemandulan Yang Menjangkit Seseorang yang mungkin saja orang tidak tahu arti sebenarnya tentang mandul ini. Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *