Gangguan-Gangguan Pada Sperma Pria

By | August 24, 2015

Memiliki keturunan adalah sebuah idaman bagi semua pasangan di Dunia ini, karena dengan Anda memiliki seorang keturunan itu membuktikan bahwa Anda memiliki vitalitas yang sehat dan juga bisa menunjukkan bahwa kejantanan Anda telah terbukti. Tapi bagaimana bila itu semua terhalang oleh suatu masalah ? Disini saya akan menerangkan kepada Anda para pria untuk mengetahui beberapa gangguan yang bisa membuat Anda mengalami kemandulan.

Definisi Sperma Pria

Sperma adalah sel jantan yang bertugas membuahi sel telur wanita agar pembuahan dan kehamilan dapat terjadi. Bisa dikatakn baha sel Spermatozoa penentu kesuburan seorang pria, jika sel tersebut normal maka kehamilan besar kemungkinan akan terjadi. Tetapi bila Gangguan-Gangguan Sperma Pada Pria maka pembuahan akan memiliki kecil kemungkinannya dapat terjadi.Sperma Kosong
Jika kelainan atau gangguan pada Sperma tersebut terjadi secara terus menerus sehinggga kehamilan tidak pernah berhasil maka pria yang mengalaminya disebut dengan menderita kemandulan. Dalam situasi yang seperti ini, penderita perlu diperiksa oleh Dokter yang memang sudah ahli di dalam bidangnya untuk mencari tahu penyebabnya kemudian mengobatinya.

Beberapa Gangguan Pada Sperma Pria

Terdapat beberapa jenis gangguan yang terjadi pada Sperma pria, ada yang volumenya sedikit, dan ada juga yang bervolume banyak atau tidak normal. Di bawah ini adalah beberapa gangguan yang terjadi pada Sperma seorang pria, diantaranya adalah :

  1. Gangguan Sperma Kosong (Azoospermia)
     Azoospermia atau Sperma Kosong ini adalah jenis kelainan dimana tidak ditemukan adanya sel Sperma di dalam semen (air mani) yang diejakulasikan oleh pria. Gangguan akibat adanya penyumbatan di Vas Deferens (saluran Sperma) sehingga Sperma KosongSperma tidak bisa keluar dan bercampur dengan cairan air mani. Penyebab lain yang mungkin bisa menjadi salah satu penyebab mengapa pria mengalami masalah Sperma kosong ini adalah gagalnya Testis untuk memproduksi Sperma. Selain itu Sperma kosong ini juga dapat disebabkan oleh adanya suatu gangguan yang bersifat genetik seperti Sindrom Klinefelter, kondisi ini bisa di uji menggunakan alat Ultrasonograph.Karena tidak adanya benih yang dikeluarkan saat berejakulasi maka pria yang mengalami masalah Sperma kosong ini tidak bisa menghamili pasangannya. Tetapi kondisi tersebut tidak selalu berarti mandul, terutama jika Testis penderita masih bisa memproduksi Sperma. Jika dalam kondisi yang diproduksi sangat sedikit maka biasanya Sperma dikumopulkan untuk digunakan dalam program IVF (In Vitro Fertilitation) atau program bayi tabung dengan teknik Intra Cytoplasma Sperm Injection (ICSI) melalui Biopsi Testis atau menusuk Testis (Epididimis).
  2. Gangguan Oligospermia
    Oligospermia atau biasa disebut dengan Oligozoospermia ini adalah jenis kelainan Sperma dimanan jumlah sel tersebut sangat sedikit atau kurang dari kadar normal air Sperma Kosongmani. Dalam setiap 1 ml air mani seharusnya terdapat 20 Juta Sperma.Penyebab Oligospermia biasanya berkaitan dengan gaya hidup dan jenis makanan. Ada 3 penyebab mengapa pria mengalami Oligospermia ini diantaranya adalah Faktor kesehatan, lingkungan dan gaya hidup. Hindarilah berendam di dalam suhu dari 36C selama lebih dari 15 menit. Jangan menggunakan celana yang terlalu ketat, berhenti merokok dan hindarilah mengkonsumsi makanan instan.
  3. Gangguan Asthenozoospermia
    Asthenozoospermia atau Asthenospermia adalah gerakan Sperma (Motilitas) yang rendah, kondisi ini terjadi apabila Spema yang dikeluarkan pria saat ejakulasi tidak Sperma Kosongmemiliki kekuatan untuk berenang dengan cepat melalui lapisan Mukosa rahim menuju Ovarium untuk membuahi sel telur.Gerakan Sperma sendiri sebenarnya bermacam-macam, dari jutaan sel yang diejakulasi oleh seorang pria, beberapa Sperma dapat bergerak lincah dan cepat, sementara yang lainnya bergera lambat dan berkelok-kelok. Penyebab gerakan Sperma menjadi lambat tentunya bermacam-macam, bisa jadi karena bentuknya yang tidak sempurna seperti ekor yang lebih pendek sehingga tidak bisa berenang dengan cepat. Bisa juga karena istri yang mengalami keputihan danmenghambat pergerakan Sperma menuju Ovarium.
  4. Gangguan Teratospermia
    Teratosppermia adalah suatu kondisi dimana bentuk Sperma abnormal sangat mendominasi daripada dengan bentuk Sperma yang normal. Penyebab yang pasti mengapa bisa terjadi Teratospermia ini belum pasti, namun ada beberapa yang dicurigai seperti Celiac dan Crohn.
    Sperma KosongPenderita Teratospermia dikategorikan di dalam 3 kelompok utama yaitu kondisi ringan dimana kondisi ini memiliki 15% Sperma yang normal, kondisi sedang dimana kondisi ii memiliki 10-15% sel Sperma yang normal, dan yang terakhir kondisi berat dimana kondisi ini memiliki 10% Sperma yang normal.Sampai sekarang masih belum ditemukan pengobatan yan pas untuk Teratospermia. Pemberian Testosteron, Vit E & C, Anti Oksidan dan bahkan operasi pun masih belum sepenuhnya dapat menyembuhkan kondisi yang satu ini.

Pria menyumbang 30% penyebab kemandulan di dalam rumah tangga. Pada umumnya gangguan Sperma seperti jumlah, bentuk dan gerakan yang tidak normal menjadi penyebab utama mengapa pria tidak bisa menghamili istrinya. Jadi kesimpulannya adalah jagalah kesehatan vitalitas Anda dengan sebaik-baiknya, jangan pernah coba-coba karen aini menyangkut dengan bisa tidaknya Anda memberikan seorang keturunan kepada keluarga Anda.

Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya Penyebab Mengapa Pria Mengalami Sperma Kosong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *