Faktor Penyebab Terjadinya Sperma, Menjadi Warna Kekuningan

By | May 29, 2015

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan sperma menjadi berwarna kekuningan. Penyebab paling umum adalah karena faktor usia, yang secara alami mengambil pigmen warna kuning. Untuk pria yang berusia lebih muda, diet bisa berperan penting terhadap warna sperma yang menjadi kuning.  Infeksi ringan atau urin di dalam air mani juga memiliki efek yang sama seperti diet tadi. Penyebab yang paling serius dari berubahnya warna sperma adalah penyakit menular seksual (PMS). Untuk kondisi PMS memerlukan pengobatan dari dokter, dan pastikan tidak menular ke pasangan anda.

Mengapa Sperma Bisa Berubah Menjadi Berwarna Kekuningan ?

sperma kosong

Sperma kosong – Sperma berwarna kuning? Ya penyebab dari itu adalah karena Usia yang sudah tua, dan secara alami Sperma mengambil pigmen berwarna kuning. Tetapi untuk pria yang masih muda ada beberapa penyebab yang bisa dijadikan alasan kenapa Sperma Anda menjadi kuning. Secara normal pada saat ejakulasi, maka akan dikeluarkan cairan ejakulasi yang berwarna putih karena memiliki banyak kandungan sperma yang kaya akan protein. Perubahan pada warna semen atau sperma umumnya bersifat sementara dan bukanlah suatu yang perlu dikhawatirkan kondisinya. Namun, jika perubahan warna ini menetap hingga tiga sampai empat minggu, maka harus segera berkonsultasi kepada dokter untuk memastikan apa yang terjadi dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

sperma kosong

Sperma yang kekuningan dapat dihasilkan akibat proses infeksi pada kelenjar prostat dan vesikula seminalis, atau terkait konsumsi bahan makanan yang kaya akan sulfurnya (seperti bawang putih) atau riboflavin. Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa hal tersebut dapat terjadi akibat proses pengentalan alami, terutama jika terdapat jangka waktu yang cukup lama setelah ejakulasi yang terkahir ini.

Penyebab Mengapa Seorang Pria Memiliki Sperma Yang Berwarna Kuning

Berikut ini adalah sedikit penjelasan dari faktor penyebab sperma menjadi berwarna kuning, yang diantaranya adalah :

  1. Karena Usia
    Sperma kuning adalah tanda yang alami dari proses penuaan pada pria-pria umumnya, karena terjadi penebalan cairan semen secara bertahap seiring dengan bertambahnya Usia. Efek yang sama juga akan terjadi pada pria yang lebih muda Usianya yang mengalami Dehidrasi. Jika tubuh Dehidrasi, maka tubuh tidak akan menggunakan banyak air untuk ejakulasinya, sehingga dapat mengubah Komposisi Sperma secara keseluruhan.
  2. Diet Tertentu
    Hal ini juga dapat membuat Sperma menjadi berwarna kuning, karena makanan yang mrngandung kadar Belerang yang tinggi seperti Bawang Putih dan Bawang Merah. Perubahan warna Sperma ini tidak mempengaruhi kesuburan Sperma seorang pria, jika seseorang ingin mengembalikkan warna Spermanya menjadi normal kembali, mak minumlah air yang banyak atau mengubah pola makan Anda.
  3. Tercampur Urin
    Jika seseorang tidak buang air dulu sebelum berhubunganseksual atau masturbasi, maka kemungkinan Urin bisa tercampur dengan Ejakulasi, dan menyebabkan warna Sperma menjadi kuning. Disarankan berkonsultasi dengan pakar Urologi, atau mengkonsumsi suuplemen tertentu.
  4. Infeksi Ringan
    Banyak pria mengalami Prostatitis, atau biasa dipanggil dengan Infeksi Prostat, di dalam beberapa kasus Prostatitis Asimtomatik bisa menyebabkan seseorang mengalami ketidak nyamanan, rasa sakit, atau kesulitan bang air kecil. Sperma kuning bisa terjadi dengan sendirinya, atau karena kombinasi dengan gejala yang lainnya juga. Dengan memeriksa sampel air mani yang diambil selama pemeriksaan Prostat, ahli Urulogi bisa menyatakan jika adanya Infeksi. Pemberian Antibiotik singkat bisa menyembuhkan Infeksi ini, dan mengembalikkan Sperma berwarna normal kembali.
  5. PMS
    Atau Penyebab Paling Serius adalah bakteri Penyakit Menular Seksual (PMS), baik Gonore atau Klamidia. Selain menyebabkan warna Sperma menjadi kuning, penyakit ini juga menyebabkan sensasi terbakar dan debit kuning. Pengobatan sangat diperlukan untuk penyembuhan kedua kondisi ini. Meskipun sejumlah Antibiotik masih efektif untuk Klamidia, Gonore menjadi resistens terhadap semua Antibiotik kecuali satu. Jika kedua kondisi ini sudah diobati lebih awal, maka tidak akan ada efek samping yang akan terasa.

Mengingat hal-hal penyebab mengapa sperma bisa berubah menjadi berwarna kekuningan, tentu harus ada solusi yang bisa membantu mengembalikan cairan sperma kembali menjadi berwarna putih. Karena sperma yang berwarna putih menunjukkan bahwa sperma tesebut sehat dan tidak terganggu oleh suatu masalah apapun.

Faktor Penyebab Sperma Menjadi Berwarna Kuning

Ada faktor alam dan biologi yang perlu dipertimbangkan ketika menilai penyebab sperma kuning. Pertama adalah usia manusia. Semen cenderung memiliki semburat kuning muda ketika seorang pria tumbuh lebih tua. Ini adalah perubahan yang sangat bertahap yang terlihat pada pria yang lebih tua. Kedua adalah diet. Makanan yang sering dimakan oleh seorang pria mungkin memiliki efek pada spermanya. Misalnya, laki-laki yang mengalami dehidrasi cenderung memiliki air mani kental tapi kering. Semen kuning mungkin hasil dari diet kaya sulfur. Ini termasuk bawang putih, bawang, kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, kubis dan asparagus. Ketiga adalah lamanya waktu yang telah berlalu sejak hubungan seks dan / atau ejakulasi terakhir. Ejakulasi pertama setelah lama tidak ejakulasi biasanya kering mengandung sperma tua, semen kekuningan dengan sperma lemah.

Baca Juga : Ramuan Alami Masalah Kesuburan Pria

Faktor diatas adalah contoh untuk para pria senantiasa memperhatikan kesehatannya. Karena semakin tua usia seseorang maka semakin banyak pula masalah-masalah kesehatan pada vitalitasnya ini termasuk sperma yang menjadi kuning ini. Perhatikan pola makan, selalu berolahraga, dan pastinya mengkonsumsi sebuah supelemen untuk menjaga kesehatan vitalitas anda supaya tetap prima walaupun usia anda sudah menginjak tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *