Ciri dan Faktor Sperma Yang Bagus dan Baik

By | June 15, 2015

ilustrasi-gambar

Obat Sperma Kosong – Sperma diproduksi ketika mulai memasuki masa pubertas sampai seumur hidupnya. Pria mulai memproduksi sperma umumnya pada usia 15 tahun atau mulai mengalami mimpi basah. Umumnya pria mampu memproduksi Sperma ratusan Juta dalam sehari sekitar 20-40 Juta sel Sperma.

Tentang Sperma

Sperma diproduksi di dalam Testis, kemudian Sperma menuju bagian Testis yang disebut dengan Epididmis yakni tempat untuk menyimpan Sperma supaya mendapatkan Nutrisi yang diperlukan Sperma agar menjadi Sperma yang matang dan siap untuk dikeluarkan. Kemudian Sperma akan bergerak melalui dari masing-masing Testis hingga ke belakang kandung kemih yang kemudian akan bergabung bersama dengan Seminal Vesicle yang berfungsi untuk mengeluarkan air mani. Kemudian Sperma dialirkan kembali melalui Ejaculatory Ducts yang terdapat di dalam Kelenjar Prostat, yang kemudian menghubungkan dengan saluran Uretra yang akan mengeluarkan Sperma atau air mani ketika terjadi ejakulasi atau rangsangan seksual.

Faktor Yang Berpengaruh Kepada Kesuburan Sperma

Seorang Dokter spesialis akan mengambil 3 contoh untuk membuktikan Ciri Sperma Yang Sehat ini, telah diambil dari waktu yang berbeda untuk memeriksa tingkat kesuburan Sperma dari hasil ejakulasi serta dapat mempengaruhi fungsi dan pergerakan Sperma. Pengambilan contoh dari Sperma yang diambil dari waktu yang berbeda tersebut adalah guna untuk mrnghitung beberapa variabel seperti suhu dan mencegah dari kesalahan pemeriksaan. Dan berikut 6 faktor yang dapat mempengaruhi hasil dari pemeriksaan tingkat kesuburan Sperma, yang diantaranya adalah :

  • Konsentrasi Sperma (Sperma/Mililiter atau CC).
  • Morfologi Sperma (pemeriksaan bentuk Sperma dimana bentuk yang tidak identik dengan Sperma yang sehat).
  • Pergerakan Sperma (Mobilitas, dihitung pergerakannya dengan persenan).
  • Tes cairan mani (dilihat dari kekentalan & warnanya).
  • Jumlah Sperma yang bergerak
  • Volume cairan (Jumlah air mani saat ejakulasi).

Diagnosis Sperma

Pemeriksaan yang baik juga dilakukan melalui hasil pemeriksaan Sperma yang normal menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) yang juga memiliki pedoman dalam menganalisis Sperma yang baik dan normal, lihatlah sebagai berikut ini :

  1. Volume total cairan lebih dari 2 ml.
  2. Konsentrasi Sperma paling sedikit 20 Juta Sperma/ml.
  3. Morfologinya paling sedikit 15% berbentuk normal.
  4. Pergerakan Sperma lebih dari 50% bergerak kedepan, atau 25% bergerak secara acak kurang dari 1 jam setelah ejakulasi.
  5. Adanya sel Darah Putih kurang dari 1 Juta/ml.
  6. Analisa lebih lanjut (tes reaksi Antiglobulin menunjukkan partikel ikutan yang ada kurang dari 10% dari jumlah Sperma).

Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam membantu meningkatkan kualitas Sperma adalah :

  1. Mengendalikan berat badan atau Obesitas dan hindarilah merokok. Semua itu bisa menyebabkan penumpukkan Lemak di dalam Testis.
  2. Tidrlah dengan waktu yang teratur, karena kualitas dan kuantitas tidur merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan untuk bisa mendapatkan kesuburan yang lebih optimal lagi.
  3. Menjaga kebersihan lingkungan rumah dalam membantu meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita.
  4. Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung Asam Folat yang merupakan kandungan dari jenis Vit B Kompleks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *