10 Fakta Unik Tentang Sperma

By | June 13, 2015

Sedikit Tentang Sperma

Kita semua sudah pada mengetahui ketika seorang pria berejakulasi saat berhubungan seks, ia akan melepaskan jutaan sperma. Meskipun sperma dikeluarkan dalam jumlah yang banyak , hanya akan ada satu sperma yang dapat berhasil pergi dan sampai pada sel telur seorang wanita yang nantinya akan membuahi sel telur tersebut.

Hidup Sperma sangat singkat dan mati muda, pria memiliki pasokan sperma dalam jumlah yang konstan yaitu memproduksi setidaknya 1.500 sel sperma per detik nya. Karena sperma hanya hidup sebentar, pasokan Sperma harus selalu diganti. Itulah mengapa tingkat produksi Sperma berada di dalam level yang mengejutkan. Tetapi bila seorang pria mempunyai pasokan sel sperma kurang dari angka tadi maka kemungkinan orang yang mengalami itu terjangkit masalah dengan penyakit Sperma Kosong yang biasanya penyakit yang satu ini adalah penyebab utama seseorang mengalami kemandulan.

Fakta-Fakta Tentang Sperma

1.Sperma Berbbeda Dengan Air Mani (Semen)
Istilah Sperma dan air mani selalu disangkut pautkan dan kerap keliru digunakan secara bergantian, padahal substansiya tidaklah sama antara sperma dan air mani ini. Memang benar sebenarnya sperma adalah bagian dari air mani, cairan kental berwarna keputihan yang dikeluarkan oleh penis. Sperma meninggalkan tubuh melalui campuran cairan tubuh seseorang yang membentuk semen. Cairan ini mengandung Fruktosa dan Enzim Proteolitik yang memfasilitasi Mobilitas sperma di luar saluran reproduksi seorang laki-laki.

2.Sebanyak 90# Sperma Yang Diejakulasikan Cacat
Tidak semua sperma diciptakan serupa, sperma dapat memiliki banyak sekali cacat dikepalanya, leher, maupun di bagian ekornya seperti contohnya adalah dua kepala, dua ekor, dan ekor yang melingka. Cacat ini berpotensi dapat mempengaruhi kemampuan sperma untuk mencapai dan membuahi sel telur, namun bukan berarti pria tersebut tidak subur. Sperma yang normal memiliki kepala Oval dengan ekornya yang panjang.

3.Sperma Ternyata Dingin
Seorang pria mungkin terjebak di dalam keadaan panas, akan tetapi buah zakarnya akan tetap dingin. Suhu buah zakar umumnya sekitar 7 derajat Fahrenheit lebih dingin dari bagian tubuh yang lainnya. Suhu ini diperlukan untuk membantu sperma yang sehat tetap dingin dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya.

4.Sperma Memiliki Dua Jenis Kelamin
Perlu diketahui bahwa sperma memiliki 2 Kromosom yang membedakan sperma tersebut laki-laki dan perempuan. Yaitu Kromosom X dan KromosomY, X adalah kelamin untuk perempuan dan Y adalah kelamin untuk laki-laki. Akan tetapi, sperma yang berkelamin wanita lebih kuat dibandingkan dengan sperm ayang berkelamin laki-laki. Ini berarti kemungkinan untuk hamil oleh sperma perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan sperma laki-laki.

5.Seorang Laki-Laki Membutuhkan Dua Bulan Untuk Membuat Sperma
Mungkin membutuhkan waktu dua detik bagi seorang pria melepaskan 1.500 sel sperma nya tersebut, namun sebenarnya perlu beberapa bulan bagi Testis untuk mematangkan sperma yang berada di dalamnya. Semua ituperlu waktu yang lumayan lama yaitu dua setengah bulan bahkan mencapai 3 bulan untuk sepenuhnya matang. Sperma yang sehat tidak akan siap untuk membuahi sel telur sampai sel sperma baru dikembangkan kembali dalam kondisi matang dan sehat..

6.Satu Testis Dapat Membuat Sperma Yang Cukup Untuk Membuat Janin
Biasanya seorang pria dengan dua testis akan menghasilkan Sperma dan air mani di keduanya. Nmaun, jika hanya ada satu testis, maka organ ini akan mengambil alih semen dan produksi sperma. Meskipun ada kemungkina mengurangi produksi air mani, namun di dalam banyak kasus,hal itu tidak akan mempengaruhi kesuburan seorang pria.

7.Sperma Yang Mati Bisa Menghasilkan Bayi Yang Sehat
Fertilisasi in Vitro (FIV) alias bayi tabung memungkinkan untuk menggunakan Sperma mati yang dapat membantu menciptakan janin yang sehat.. Biasanya, teknisi FIV secara manual menggabungkan telur dan sperma di cawan Laboratorium dan kemudian melakukan transfer Embrio ke dalam rahim. Kadang-kadang satu sperma yang dmasukkan ke dalam telur dapat terbunuh setelah dihajar dengan sedotan kaca berteknologi modern yang digunakan di dalam proses ini.

 

Baca Juga →Fakta Menarik Tentang Sperma Yang Orang Tidak Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *